Rabu, 24 Juli 2019

PBB Pertahankan Kursi DPRD 2019-2024 di Payakumbuh

Pengurus PBB Payakumbuh
MEDIA ISLAM -- Dari 25 anggota DPRD Kota Payakumbuh hasil Pemilu 2014 silam, ternyata 15 di antara nya masih bertahan sebagai wakil rakyat di kota berpenduduk sekitar 128 ribu jiwa tersebut untuk periode lima tahun ke depan.

Hal itu diketahui setelah adanya penetapan resmi dari KPU Kota Payakumbuh untuk perolehan suara partai politik serta calon legislatif terpilih yang digelar pada Senin (22/7) pagi. "Pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon anggota legislatif terpilih hari ini selesai. Selanjutnya, hasil ini diserahkan ke Walikota Payakumbuh," ucap Haidi Mursal Ketua KPU Kota Payakumbuh disela-sela pleno berlangsung di aula Balai Inseminasi Buatan Kota Payakumbuh.

Dijelaskan Haidi, setelah diserahkan ke Wali Kota, selanjutnya dokumen calon legislatif terpilih dilanjutkan ke Gubernur Sumbar. "Nanti, Gubernur yang mengeluarkan Surat Keputusan Anggota DPRD terpilih untuk dilantik,"ucapnya.

Berdasarkan data yang diterima dari KPU Kota Payakumbuh, 15 incumbent yang kembali terpilih tersebut yaitu dari Partai Golkar YB Parmato Alam dan Maharnis Zul, PKS diantaranya Suparman, Heri Iswandi Dt Muntiko Alam dan Nasrul. PPP Ahmad Zifal, Alhudri Dt Rangkayo Mulie, dan Edwar Df.

Kemudian Partai Gerindra Wulan Denura, Mawi Etek Arianto dan Aprizal. Partai Nasdem Ismet Harius dan Ahmad Ridha. PBB Syafrizal dan PDIP Yanuar Gazali.

Sedangkan, 10 wajah baru yang bakal dilantik sebagai anggota DPRD Kota Payakumbuh periode 2019-2024 mendatang, diantaranya Hamdi Agus (PKS), Yernita (Gerindra), Mesrawati (PAN) dan Sri Joko Purwanto (Demokrat) untuk Dapil Payakumbuh I.

Kemudian, Dapil Payakumbuh II diantaranya Mustafa (PKS), Armen Faindal (Demokrat) dan Wirman Putra (Golkar). Sedangkan di Dapil Payakumbuh III antaranya Fahlepi Mazni (Demokrat) dan Opet Nawati (PAN).

Berdasarkan partai politik, PKS merupakan peraih kursi terbanyak, yaitu 5 kursi. Kemudian Gerindra 4 kursi, Demokrat 3 kursi, Golkar 3 kursi, PPP 3 kursi, Nasdem 2 kursi, PAN 2 kursi, PBB 1 kursi, PDIP 1 kursi dan PKB 1 kursi.

Pleno penetapan perolehan kursi dan calon legislatif terpilih tersebut, juga dihadiri Ketua Bawaslu Payakumbuh, Asisten II Sekdako Payakumbuh serta petinggi partai politik. (sumber)


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar